Tuesday, August 07, 2007

catatan antara tujuh dan delapan | infinite loop

hidup. sebuah perjalanan berputar yang ngga ada habisnya, selalu berputar. orang lahir, dari kecil, berkembang remaja, dewasa, menikah, dan akhirnya melahirkan anak lagi. maka perjalanan hidup pun dimulai lagi. perjalanan yang kita lakukan tentunya menuju ke arah yang lebih baik. memang, kita selalu ingin yang terbaik untuk hidup ini. makanya, kita perlu berusaha. ujungnya usaha cuma ada 2 kok, gagal atau sukses. pengen ngga sih, kalo nanti punya anak, misalnya anak kita ditanya, "papa kamu siapa sih?". pengen ngga sih, kita ngasih tau anak kita dengan bangga, bahwa kita ini orang2 yang sukses? semua orang tahu, yang namanya sukses, itu harus gagal dulu. kalo ada orang sukses ngga pake gagal, cerita hidupnya ngga akan seru. paling2 cuma 2 baris. ya, nama saya A, saya lahir tahun sekian, kemudian tahun sekian saya langsung sukses, dan masih sukses sampai sekarang. gubrak amat. semua orang juga tahu, orang gagal itu, berhenti lebih cepat. tapi orang sukses, di tengah kegagalannya, dia bertahan lebih lama, mengumpulkan kekuatan untuk bangun lagi.

harusnya kita semua malu sama anak umur 2 tahun. anak umur 2 tahun, baru bisa apa sih? yaelah, baru bisa belajar jalan. tapi emangnya anda pernah liat anak kecil yang baru belajar jalan, berhenti belajar sebelum dia bisa jalan? kalo semua orang kaya gitu, wah, dunia kiamat. anak kecil itu ngototnya setengah mati. minta ini itu ngga dikasih, ngambek. belajar jalan, walaupun berkali2 jatoh, sampe nangis meraung2, tetep aja jalan terus, sampe dia bisa jalan sendiri. tentunya dengan bantuan dan support dari orangtuanya, yang selalu mengatakan "ayo jalan, kamu pasti bisa!". yah itulah orang tua. mereka ngga akan berhenti2nya mendukung kita, sampe kita sukses. tapi kita? makin gede bukannya makin ngotot, yang ada malah makin males. coba aja, ngga usah jauh2, di sekolah kita dapet ranking jelek, langsung bolos 3 hari. di kampus dapet IP jeblok, masa bodo, ngga masuk kuliah 3 minggu. kerjaan numpuk, dimaki2 sama bos, deadline ngga kelar2, bawaannya pengen ngabur, melepaskan diri dari semua masalah itu. bahkan kadang ditolak cewe aja rasanya pengen bunuh diri. buset. bayangin aja kalo anak kecil lagi belajar jalan, terus jatoh, terus nangis meraung2 bilang "huaaa.. ngga mau belajar jalan lagi, sampe kapanpun juga ngga akan bisa, mau bunuh diri aja!!" buset. dunia bener2 kiamat kalo gitu caranya. nah, makanya tadi saya bilang, harusnya kita malu sama anak umur 2 tahun.

musuh besar dari kehidupan yang luar biasa, adalah kehidupan yang nyaman. kita ngga akan pernah sampai ke kehidupan yang luar biasa kalo kita terus2an berada di zona nyaman. inilah yang membedakan orang gagal dengan orang sukses. memang, keduanya sama2 punya waktu 24 jam dalam 1 hari. orang gagal, sepanjang waktu, selalu berada di zona nyaman. bedanya dengan orang sukses, orang sukses pasti akan rela menunda kenyamanan demi mengejar kehidupan yang luar biasa. orang gagal adalah orang yang selalu bilang sibuk, padahal dia punya banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan. diajak ikut seminar, ah saya sibuk. diajak mengembangkan bisnis, ah saya ngga ada waktu ngurusin begitu2an. coba bayangkan, bangun jam 9, berangkat ke kantor jam 10, sampai di kantor jam 11, makan siang jam 12 sampe jam 3, lalu pulang kantor jam 5, nonton tv sampe larut malam, kemudian tidur. besoknya bangun lagi jam 9. nyaman kan? serasa jadi bos. emang bener, nyaman. tapi, emangnya kita bos? bisa seenaknya? tunggu di PHK deh, baru tau rasa. tapi orang sukses, di sela2 kesibukannya dia rela mengorbankan waktu luangnya, untuk menata kehidupan yang lebih baik. coba bayangin, rela ngga kita malem2 jam 10 masih baca buku pengembangan diri? rela ngga jam 2 pagi solat tahajud? rela ngga jam 4 pagi solat subuh? rela ngga bangun pagi jam 6? rela ngga berangkat beraktifitas jam 7? rela ngga kita kerja keras 2 sampai 5 tahun ini untuk mewujudkan rencana masa depan yang lebih baik?

saya ingin berbagi sebuah prinsip yang saya ciptakan sendiri, dan selalu saya tanamkan di kepala saya, di dunia ini ngga ada orang yang pintar atau bodoh. yang ada hanya : "tahu lebih dulu". bayangin aja anda waktu TK. emangnya anda begitu masuk TK langsung tau 1+1 berapa? atau ngga, begitu naik kelas 4 SD emangnya anda langsung tahu rumus phytagoras itu apa? kalo emang iya berarti saya ngga tahu anda makhluk planet apa. caranya kenapa anda bisa tahu, itu ya dikasih tahu, oleh orang yang tahu lebih dulu. dalam hal ini guru. ok katakanlah si A belum diajarkan guru tapi udah tahu rumus phytagoras itu apa. kenapa bisa begitu? mungkin dia tahu lebih dulu dari buku pelajaran yang dia baca. kenapa dia bisa baca duluan? mungkin dikasih tahu oleh orang tuanya, bahwa kalo mau berhasil di sekolah, selain belajar sama guru, belajar sendiri baca2 buku pelajaran. semua perbedaan yang kita temui di dunia ini, ngga lepas dari satu hal itu. yang membedakan pengetahuan orang yang satu dengan yang lainnya, semata2 hanyalah karena salah seorang dari keduanya, "tahu lebih dulu". lalu poinnya apa? ya what's the point gitu loh? poinnya, kalo ada orang yang lebih tahu daripada anda, bertanyalah kepada orang itu, dan orang2 yang juga tahu lebih dulu. walaupun anda tahu belakangan, kalo orang lain bisa, berarti setelah tahu, ANDA JUGA BISA!

saya punya sedikit saran untuk menghadapi kegagalan. saat kita gagal, orang cenderung menjauhkan kita dari kegagalan tesebut, ada yang dengan cara baik2. seperti : "udah kamu ngga usah coba lagi, nanti kamu gagal lagi, ntar pusing lagi, sakit lagi" dan sebagainya. ada juga yang ngasih taunya dengan celaan dan ejekan, seperti misalnya : "tuh kan gue kate juga ape. ngga mungkin bisa dah lu! nih potong kuping gue kalo lu bisa sukses jalanin beginian!" nah kan, ditawarin potong kuping tuh. sekarang anda inget2 tampang orang yang ngejek anda itu, kalo perlu difoto dan dicetak atau disimpen di hp anda. setiap anda merasa down atau putus asa, inget2 wajahnya, atau liat fotonya. lalu katakan ini dalam pikiran anda : "ini nih yang ngejek2 gue pas gue jatoh. kalo gue tetep down terus, berarti gue kemakan omongan dia dong? berarti gue percaya sama omongan dia dong? berarti gue rela dong diejek2 dia, bilang bahwa gue gagal?" kalo anda masih percaya bahwa andalah yg paling bener, pasti anda akan bangkit lagi. sekarang terserah anda, mau membenarkan omongan orang yang mengejek anda, atau membenarkan omongan diri sendiri?

[Bondan, 7 Agustus 2007, 16:53 PM, sambil mengambil langkah pertama dalam perjalanan 1000 mil menuju sukses]

No comments: