Sunday, April 08, 2007

you never asked | part five

sudah 2 jam lebih kita ngobrol di coffee shop. ternyata banyak hal lain yang bisa kita obrolin daripada sekedar mengajari Amelie bahasa Indonesia. tiba-tiba sebuah handphone berdering. rupanya milik Amelie.

“hold on. yes mom?” sapa Amelie, rupanya ibunya yang menelepon.

“sure. it’s just a couple of blocks from here. i’ll be there right away.” kata Amelie kepada ibunya di telepon.

“so. uh, i’m really sorry, but i gotta run. my mom’s waiting.” katanya.

“whoa, what’s the rush? but don’t worry ‘bout me, i’m fine.” tanyaku.

“i dunno, my mom just called, i think she wants me to pick her up.” jelasnya.

“okay then, i hope i can see you again, maybe some other time.” kataku.

“okay, bye.” katanya sambil beranjak pergi.

“bye.” balasku pelan.

kemudian yang terlihat dari Amelie hanya punggungnya. saat dia keluar dari pintu coffee shop. tiba-tiba saja ingatan tentang Priscilla kembali menghantui pikiranku. aku memang sering teringat hal-hal yang tidak mengenakkan kalau lagi sendirian. itulah kenapa aku sangat butuh teman-temanku. mereka sangat membantuku untuk melupakan ingatan-ingatan yang tidak mengenakkan itu.

selama beberapa tahun terakhir ini, hanya sebagian teman-temanku yang tetap setia menemaniku kapan saja. diantaranya ada Daryl dan Sean. lalu Travis Quadrian, temanku dari jaman kuliah yang sejak tahun lalu pindah dan tinggal di Malaysia. jadi sejak dia pindah kita hanya bisa berhubungan lewat Yahoo Messenger. kemudian ada Fergie Fitzgerald dan kakaknya Harry Houseman, mereka juga sama-sama kuliah di MIT, Harry satu jurusan denganku, sementara Fergie di jurusan lain. aku sempat tinggal di rumah mereka dan sempat cukup dekat dengan Mr. dan Mrs. Sommers. mereka memang orang asli sini. kira-kira apa kabar ya mereka.

ah iya. ngga lupa juga, temanku di Jakarta, Utha Andira. aku bertemu Utha secara tidak sengaja di friendster, lalu kita juga sering chatting di Yahoo Messenger. waktu itu sempat waktu aku pulang ke Jakarta dan bertemu dengannya. hanya sekali. ah kalau ingat Jakarta, aku jadi ingat masa lalu. sebenarnya masa laluku pun tidak sepenuhnya menyenangkan. ada sebuah kejadian yang sangat membuatku shock. aduh, kok aku jadi mengingat kejadian ini ya? argh. i can’t help it. ingatan tentang kejadian waktu itu terlintas begitu saja di pikiranku, tanpa permisi..

Brandon Ruffian. 16 tahun. Kelas 3 IPA 2. waktu itu aku lagi doyan-doyannya nge-band. bareng sama Dani, Adi, Aryo, sama Odenk. Dani itu jago main gitar, aku belajar banyak dari dia. Adi jago main bass, tapi aku nggak ada niatan sama sekali buat main bass, kalo Aryo suaranya kaya orang gila, dia bisa nyanyi macem-macem. si Odenk paling jago main drum. kerjaannya mainin stik drum melulu. sampe diomelin guru olahraga gara-gara bawa stik drum pas pelajaran basket (ya iya lah, dodol.) kita berempat sekelas semua, cuma si Odenk yang anak kelas 3 IPS 1 jadi dulu nama band kita “Three+”.

aku pulang sekolah bareng geng yang beda banget sama geng aku nge-band. isinya orang-orang kacau semua. wuah payah deh. bisa nggak maju kalo ikut-ikut mereka terus. yang jangkung namanya Ratno, jago main basket (macam Sawamura di Harlem Beat lah, asli persis banget. semuka-mukanya selicik-liciknya, najis.) yang gendut namanya Ade, aslinya sih Syarifudin, gendut tapi jago main sepatu roda, omongannya sekitar selangkangan terus, gak ada abisnya. yang kecil namanya Adit, anak kelas 2. dia itu paling bego dan paling nggak tau apa-apa. kalo dibo’ongin iya iya aja. nggak pake nanya. kadang-kadang kesian juga sama dia.

sebenernya dari dulu aku pengen banget ngerasain yang namanya punya pacar. kayak apa ya rasanya? aku inget banget pernah dicuekin sama geng pulangku itu gara-gara aku pernah pulang bareng cewek yang kutaksir dan gara-gara itu juga aku jadi digosipin abis-abisan. katanya lupa temen lah. pengkhianat lah. wek. biar sekalian aja aku lepas dari mereka. emang dasar kumpulan orang-orang dodol. pikirku waktu itu. bilang aja sirik, huehehehe.

ada satu orang temen sekelasku, sukanya duduk di belakang, awalnya kuanggap dia biasa-biasa aja, nggak ada yang spesial dari dia, seperti teman-teman sekelas yang lainnya. tapi sejak kejadian ‘kelompok belajar’ itu akhirnya aku jadi berusaha deketin dia. kejadiannya itu waktu Pak Budi lagi ngumunin nama-nama kelompok.

“kelompok 3, anggotanya Brandon, Chika, Fajar, Kurniawan, dan, Risa, yak silahkan berkumpul menurut kelompoknya ya. kelompok 4, Dani, Galih..”

sejak ‘insiden’ itu kita sering belajar bareng, ngerjain tugas bareng, ngumpul bareng. tanpa kusadari, ada perasaan yang beda kalo lagi ngumpul bareng geng pulang, sama kalo lagi ngumpul bareng kelompok belajar. giliran janjian sama geng pulang, kalo gak bisa dateng ya udah, tinggal telpon, maaf-maaf dikit, beres. tapi kalo sama kelompok belajar, beda. apapun kuusahain supaya bisa ngumpul bareng mereka, terutama sama..

entah sejak kapan ya. aku mulai tertarik sama Chika. aku mulai nganggep dia lebih dari sekedar temen sekelas golongan SDSB (Siswa Deretan Sebelah Belakang. apa coba.) atau sekedar temen belajar kelompok yang janjian ketemuan di rumah si anu, atau si itu, ngebahas anu, ngerjain itu. aku ngerasa sesuatu yang beda. setiap ketemu dia, aku selalu deg-degan. nggak jelas. kayaknya aku mulai suka sama dia, mungkin lebih. yang aku rasakan cuma pengen ketemu dia lebih lama. apa aja kulakukan biar bisa ketemu dia terus. walaupun akhirnya aku cuma bisa cengar cengir sambil memandangi wajahnya.

akhirnya aku mulai perhatiin Chika kalo lagi di kelas. baru nyadar, anaknya oke juga ternyata. cakep, pinter, senyumnya manis. sampe suatu hari katanya dia dideketin sama Andi, ketua kelas. awalnya aku ngga nyadar kalo Chika dideketin. aku mulai nyadar sejak si Dani, gitaris bandku itu bilangin aku, dan kebetulan Dani itu duduknya di belakang mejaku. kalo mau nyari Chika di kelas kan musti nengok ke belakang, jadi mau ngga mau musti berpapasan dengan mukanya Dani.

“man, mending lo ngomong langsung aja deh ke Chika, daripada diembat orang duluan, tuh liat.” kata Dani.

“ah rese lo. iya tuh kayaknya lagi dideketin si Andi. tapi gimana dong? gue kan paling ngga bisa ngomong langsung ke cewe.” balasku.

“yah, dibilangin ngeyel sih lo. kalo lo bilang, kemungkinannya kan jadi 50-50, 50% diterima, 50% lagi ditolak. beres kan? daripada lu diemin begini, kemungkinannya apaan? lo ngga akan tahu sebelom lo coba bro.” jelasnya.

“well, you got a point there. bener juga lo. pengen sih gue bilang, tapi lo tau sendiri kan, gue udah bilang tadi, gue paling ngga bisa ngomong langsung sama cewe, apalagi yg gue suka, pasti langsung diserang deg-degan duluan gue.” balasku.

“ah cupu lo. yaudah kalo ngga bisa ngomong langsung, mending lo tulis surat aja gimana?” usulnya.

“wah boleh juga lo. lo pinter juga ya urusan beginian. ngga cuma jago maen gitar, urusan cewe tokcer juga otak lo. kok lo baru sekarang sih ngasih saran yang cemerlang begini, kenapa ngga dari dulu-dulu waktu gue lagi naksir Ferra?” kataku.

“well, you never asked.” jawabnya singkat.

“ah rese lo.” balasku singkat juga.

kemudian kita berdua ketawa-tawa kaya orang bego. so, karena aku orangnya nggak bisa ngomong langsung ke dia, dan atas dasar ide cemerlang dari si Dani, akhirnya aku nulis surat buat Chika. dan ternyata nulis surat pun sama susahnya dengan ngomong langsung. aku menghabiskan 5 jam buat nulis surat yang isinya cuma 7 baris. 8 deh kalo tulisan “dear Chika,” yang ada di paling atas itu dihitung juga. akhirnya aku tidur nyenyak jam 2 pagi. damn. sekolah kan masuk jam 7.

oke. keesokan harinya akhirnya surat itu aku taruh di laci mejanya pas istirahat siang. tapi apa yang terjadi bener-bener bikin aku shock. sekembalinya aku dari kantin, dari deket kelas terdengar anak-anak pada ribut. Dani dan Aryo ada di luar kelas.

“man, ke kantin yok, sampe pelajaran mulai.” kata Dani.

“lah, gue baru dari kantin kali. itu ada apaan sih ribut-ribut di dalem? Farid ya?” kataku sambil ngintip ke dalam kelas. Chika ada di dalam.

“udeh pokoknya lo jangan masuk kelas dulu, daripada” kata Aryo.

“daripada apaan?” tanyaku.

tiba-tiba terdengar suara Farid. suaranya keras sekali. dan apa yang dikatakannya membuatku kaget setengah mati. karena kata-kata yang diucapkannya itu baru saja aku tulis tadi malam. kata-kata yang sampai jam 2 pagi aku pikirkan. kata-kata di surat itu.

“dear Chika, mungkin di mata elo, gue cuma temen sekelas biasa aja, tapi akhir-akhir ini gue mulai ngerasa ada sesuatu yang beda. gue mulai nggak bisa ngelupain elo. kalo gue nggak ketemu elo rasanya ada yang kurang. mungkin gue kangen.” kata Farid.

what the hell? kok surat itu bisa ada di tangan Farid? mati aku. ini sih bukan cuma Chika, seluruh kelas pasti tahu aku suka sama dia. mati. mati. mati. rasanya seperti ingin hilang ditelan bumi.

“gue suka sama elo. elo mau nggak jadi pacar gue? gue serius mau jadian sama elo. gue tunggu jawaban elo secepatnya. gue percaya, elo pasti ngasih jawaban terbaik, makasih.” kata Farid, menyelesaikan isi suratku yang dibacanya.

“ciyeeeee Brandon. suit suit!!” seluruh kelas langsung menyoraki. ah gila, aku malu setengah mati. dan di tengah-tengah keributan itu tiba-tiba Chika datang menghampiriku. sepertinya dia ingin memberitahu sesuatu padaku. semoga ini berita bagus, pikirku. tapi ternyata, suara yang terdengar dari mulutnya hanya..

“maaf ya.” katanya singkat.

aku bengong, tapi kepalaku mengangguk dengan sendirinya. ingin rasanya berteriak di depan mukanya “maaf?! maaf buat apa?! maaf gue nggak bisa jadi pacar lo?! tapi bukan berarti lo bisa permaluin gue kaya gini dong! gue juga manusia!!” ugh. dadaku sakit. rasanya mau pecah. yang aku tahu, Chika sengaja membiarkan Farid membaca surat itu di depan anak-anak. Chika sengaja mau membuatku malu didepan anak-anak. ya iya lah. mana mungkin Chika punya perasaan apa-apa kepadaku.

kemudian bel istirahat selesai berbunyi. sepanjang pelajaran sampai bel pulang aku hanya diam saja. aku tidak menengok ke belakang sedikitpun. bahkan Dani yang memanggilku dari belakang pun aku cuekin. rasanya ingin cepat-cepat pulang, membenamkan kepalaku di dalam bantal. hari itu, waktu berlalu lambat sekali. menunggu dering bel pulang terasa lebih lama dari biasanya. begitu bel terkutuk itu berbunyi, tanpa pikir panjang aku langsung membereskan barang-barangku dan beranjak cepat-cepat menuju ke luar sekolah.

“Brandon, tunggu bentar. gue mau ngomong.” ujar suara yang sangat kukenal.

yak, betul sekali. Chika yang manggil. tapi tanpa memperdulikannya aku terus berjalan keluar sekolah sambil mempercepat langkah. hari ini memang tumben-tumbennya aku keluar duluan. kalo bukan gara-gara insiden memalukan itu tadi, biasanya aku masih nongkrong di kelas dan ngobrol bareng Dani atau Aryo, menunggu geng pulang-ku datang. tapi kali ini aku terpaksa jalan duluan, dan meninggalkan Chika yang sejak tadi memanggilku. perasaanku benar-benar nggak karuan. rasanya aku nggak mau bicara dengannya lagi. dan ternyata itu benar-benar menjadi kenyataan.

No comments: