Monday, December 11, 2006

Semalam di Dalmasca

Alkisah sebuah cerita di kerajaan Dalmasca. Aku melihat 3 buah notes yang di-post sama Tavernmaster di bill board Sandsea tavern. 3 buah monster yang sepertinya meresahkan warga sekitar. White Mousse, Ring Wyrm & Marilith. Ah, ini sih kerjaan kecil buat seorang dengan level 34 seperti aku, pikirku. Dengan berani aku terima saja kerjaan buruan-buruan itu.

White Mousse (Rank V)

Pertama-tama aku datang kepada Sorbet, seekor moogle di sekitar West Gate, Rabanastre. Jadi ceritanya si Sorbet ini lagi jalan-jalan di Garamsythe Waterway, lalu kunci waterway-nya jatuh. begitu sadar, ternyata udah dimakan sama si White Mousse ini. Katanya dia liat di sekitar West Sluice Control. Ok, first task is up. Aku berjalan menuju Garamsythe Waterway lewat Lowtown, kota di bawah tanah Rabanastre. Memasuki Garamsythe Waterway, aku sempet kebingungan di Central Waterway Control. Soalnya sebagian jalannya terendam air, jadi ngga bisa lewat. Tapi setelah muter-muter, akhirnya nemu juga jalannya. Sampai di West Sluice Control, aku harus menghabisi beberapa Malboro Overking, cukup merepotkan, tapi masih bisa kuatasi, level 34 nih ye. Aku pun makin percaya diri. Ups, ada Water Elemental disana, mending jangan ganggu deh, monster itu rese banget. HP nya ngga ketauan berapa, udah gitu kebal serangan fisik, sampe sekarang aku masih belum tau cara ngalahinnya pake apa, dududu.. Aku lewat dengan santainya. Sampai akhirnya si White Mousse jelek itu menampakkan diri. Ih jelek bener, tampangnya kaya lendir ngga jelas gitu. Langsung aja aku gebuk. Prak!! Wih!! Damage ku sampe 1000 lebih. tapi kok HP si White Mousse itu berkurangnya nyicil bener yak? Waduh, ini apa lagi? Kok Water Elemental ikut-ikutan nyerang? Ok, this is bad. Aku cabut dari situ, Balthier, Fran dan Larsa juga ikutan cabut. Tapi sayang si Fran koit di tengah jalan, keganjel sama si lendir jelek dan Water Elemental keparat itu, yah disiksa deh. Ya sudahlah hidupin aja lagi nanti kalo udah aman situasinya. Ok, aku kembali ke Central Waterway Control, disini ada Save Crystal. Begitu aku menyentuh Save Crystal itu, Fran langsung hidup lagi. Kayaknya dia ngambek gitu tadi kutinggal, ya sudah, misi berikutnya aku pergi sama Basch dan Lady Ashe sajalah. Oh iya, Larsa masih ikutan ya?

Ring Wyrm (Rank III)

Keluar dari Garamsythe Waterway, mumpung masih di Lowtown, aku mencari orang yang bernama Balzac. Katanya ada di North Sprawl, hmm gampang sekali menemukannya. Balzac bilang, pas dia lagi latihan bersama pasukannya di daerah Windtrace Dunes, Dalmasca Westersand, ada Ring Wyrm yang kuat banget ngga bisa dia kalahin, dan si Ring Wyrm ini nggangguin latihannya. Makanya dia nyari-nyari orang buat bunuh monster yang ukurannya segede-gede alaihim ini. Tapi dia bilang, nongolnya cuma sekali-sekali aja, terutama pas lagi ada badai pasir. Katanya hati-hati, pas badai pasir itu zero visibility. Ah, kecil lah buat level 34. Aku kan dari kemarin udah leveling gila-gilaan. And so I, Basch, Lady Ashe, and Larsa headed west. kita sampai di Dalmasca Westersand, kalo dari Rabanastre itu lewatnya West Gate (ya iyalah, masa mau ke Westersand lewat East Gate, mana nyambung.) Di Galtea Downs ngga ada apa-apa, lanjut ke The Midfault. Hmm, lagi-lagi isinya monster cupu semua. Masa ngga lebih dari 66 EXP? Mendingan hunt di Ozmone Plains tadi deh, masih 300an EXP nya. Next stop is, Windtrace Dunes. Hmm, sepertinya nasib baik, pasti bakal ketemu Ring Wyrm nih, soalnya lagi badai pasir disini, cakep dah. Aku, Basch dan Lady Ashe berjalan terus di tengah-tengah badai pasir yang aduhai. Bener-bener zero visibility nih, kedepan ngga liat apa-apa. Tiba-tiba di depan mata terlihat sesuatu yg guwede segede-gede alaihim (sepertinya ini baru kakinya si Ring Wyrm doang deh.) Ah, ternyata benar, aku langsung maju sendirian. Basch, Lady Ashe dan Larsa ngga mau kalah ternyata. Mereka ikutan maju, tapi tetep disiplin. Kalo ada salah satu dari kita yang HP nya kurang dari 50%, langsung dilemparin Hi-Potion biar penuh lagi HP nya. Setelah pertarungan yang cukup melelahkan (serius nih, hampir setengah jam bunuhnya) akhirnya tumbang juga si Ring Wyrm raksasa itu. Wow, dapet 16 LP. Ok, waktunya melapor ke Balzac. Eit, tunggu dulu. Ini kan kita lagi di Dalmasca Westersand. Kalo ngga salah tadi katanya si Tavernmaster.. Hmm..

Marilith (Rank V)

Sebenarnya orang pertama yang aku datangi untuk nerima kerjaan adalah si Tavernmaster di Sandsea tavern, Rabanastre. Ya secara dia yang paling deket dari yang lain ya aku temuin duluan. Permintaannya agak-agak aneh sih menurutku. Dia meminta sebuah ingredient penting buat bikin wine, yang cuma bisa didapet dari Marilith, monster ular yang ada di Zertinan Caverns, yang letaknya itu di suatu tempat di deket Dalmasca Westersand gitu lah. Pokoknya masuk ke Zertinan Caverns dari Dalmasca Westersand, tepatnya dari Shimmering Horizons, deket-deket pintu masuk pasti ketemu deh, katanya gitu. Jadi bukan dari Ogir-Yensa Sandsea atau Nam-Yensa Sandsea, apalagi Ozmone Plains. Ih gede bener sih ini Zertinan Caverns. Nah, kebetulan. Aku makin pede karena baru aja selesai menghabisi Ring Wyrm, tanggung lah kalo balik dulu, level 34 ini, ngga takut deh. And then, kita langsung menuju Shimmering Horizons. Setelah berjalan agak ke barat, kita menemukan pintu masuk ke dalam gua. Ah ini pasti pintu masuk yang dibilang sama si Tavernmaster nih. Ayo kita kemon guys! Sampai di dalem gua, suasananya memang gelap sekali. Aku harus melakukan skill Libra supaya inderaku lebih tajam, kali aja ada perangkap yang sengaja dipasang, kan ngga lucu kalo kena perangkap. Makin kedalam makin gelap nih suasananya, kok perasaanku ngga enak ya. Tuh kan bener ada Explosion Trap, banyak pula. Untung tadi udah Libra, jadi keliatan deh trapnya ada dimana aja. Hmm, sudah 5 menit mencari nih, kok ngga ketemu-ketemu ya Marilith-nya. Aku sampai di sebuah tempat yang letaknya agak mojok. Selagi kita mempersiapkan beberapa Magick seperti Regen, Protect, dan Shell, tiba-tiba terdengar suara mendesis. Marilith!! Angkat senjata dan maju!! Aku kembali di posisi paling depan. Basch dan Larsa juga maju, tapi tidak sedekat aku. Sementara Lady Ashe agak sedikit di belakang, untuk Support, karena tadi waktu melawan Ring Wyrm, lebih efektif begitu. Setelah beberapa menit bertarung, HP Marilith terlihat mulai berkurang, dari seperempat, setengah, kemudian tigaperempat. Itupun setelah menerima damage yang total jumlahnya kira-kira sekitar 50000. Damn! Tebel juga nih uler, pikirku dalam hati. Tiba-tiba Marilith mengamuk! Aku dihajarnya 5 kali. Sekali gebuk HP ku berkurang 700. Hi-Potion yang dilempar Basch dan Larsa ngga cukup buat nutupin damage nya, padahal HP ku totalnya 2000an lebih. Wah, terkapar deh aku, tinggal Basch, Larsa sama Lady Ashe. Samar-samar sempet kulihat Larsa juga terkapar, habis HP nya cuma 1000an, udah gitu dia ngga ngambil License buat HP+ sih. Wadoh Basch juga kena getahnya, tinggal Lady Ashe sendirian deh. Sepertinya dia memanggil bala bantuan, tak lama datang Penelo dan Fran, back in the action. Penelo begitu datang langsung menggebrak pake Quickeningnya, Intercession, disambung sama Feral Strike-nya Fran dan Northswain's Glow-nya Lady Ashe, di detik-detik terakhir perlawanannya. Singkat cerita sepertinya Marilith memang masih terlalu kuat buat level 34. *sigh* Lady Ashe dan Penelo terkapar setelah MP nya habis dan ngga sanggup buat melakukan Cure lagi. Sementara Fran, di detik-detik terakhir sempat dibantu sama Balthier, walaupun akhirnya mereka berdua memilih buat kabur juga. Tapi Marilith tetap mengejar, dan lagi-lagi Fran koit di tengah pelariannya. Tinggal Balthier sendirian, dengan HP yang sudah Critical, sekitar 400, masih berusaha mencapai pintu keluar gua yang sudah terlihat, tinggal beberapa langkah lagi. Namun apa daya, Marilith berlari lebih kencang. Disarangkannya sebuah pukulan yang cukup telak ke tubuh Balthier. 700 Damage. Balthier pun ikut terkapar. Padahal tangannya sudah persis di depan mulut gua, sayang sekali. Marilith, setelah berhasil menghabisi kita semua, berbalik kembali menuju sarangnya, Zertinan Caverns.

Dan kemudian tulisan GAME OVER berwarna merah menghiasi layar tv di kantor. Saya tidak punya pilihan lain selain menekan tombol START dan memilih LOAD GAME (ya iyalah, masa milih NEW GAME?) Ah, sepertinya angka 34 itu harus berubah menjadi 50 dulu, atau minimal 40 lah, baru saya akan kembali menantang White Mousse, Ring Wyrm, dan Marilith. Keparat. Ngulangnya jauh sekali. Tapi mulai sekarang saya berjanji akan rajin nge-save, deh.

[Bondan, Senin 11 Desember 2006, 11:29 PM, pokoknya harus sampai level 50, walaupun harus menghabiskan semalam di Dalmasca]

No comments: